celotehku

Peran Mahasiswa dalam Membantu Penyelamatan Bumi Tercinta


Ketika kita berbicara tentang mahasiswa maka tiada habisnya hal yang akan muncul untuk dibahas. Begitu juga tentang bumi ini, tempat yang mengandung banyak pertanyaan, begitu banyak ilmu dan pelajaran yang bisa digali dari planet ketiga terdekat dengan matahari di sistem tata surya kita.

Sebuah bahan pembicaraan yang begitu hangat dan gempar ketika kita membahas tentang energi yang terkandung dalam bumi ini. Sudah bukan hal yang asing lagi ketika kita berbicara bahwa energi yang kita pakai selama ini merupakan energi yang tidak terbarukan sehingga suatu saat energi tersebut pasti akan menipis dan mencapai nominal yang tidak akan mampu untuk memenuhi kebutuhan energi manusia. hal tersebut bukan tidak disadari oleh manusia terutama di kalangan para ahli. Sudah banyak orang-orang yang berlomba untuk mendapatkan energi baru atau memanfaatkan energi alternatif lain yang sifatnya terbarukan. Akan tetapi semua itu butuh waktu sampai benar-benar energi yang khususnya dari minyak bumi ini dapat tergantikan.

Di sinilah peran mahasiswa yang penulis maksud. Demi mencapai waktu tersebut maka perlu adanya penghematan dalam penggunaan energi saat ini. Jangan sampai energi itu sudah sangat menipis dan kita belum menemukan penggantinya teruatam untuk Indonesia. Jika hal tersebut terjadi maka akan ada dampak yang sangat besar dan mencakup berbagai aspek (sosial, ekonomi, politik) dan yang lebih dikhawatirkan juga tentang keslematan bumi. Usia bumi yang diperkirakan telah mencapai lebih dari umurnya akan cepat menuju ke kepunahan ketika kita terus-terusan mengeksploitasi tanpa berpikir dampak yang terjadi.

Mahasiswa merupakan kaum intelektual yang tidak bisa melepaskan peranannya sebagai kaum sosial dalam lingkungan masyarakat. Mahasiswa merupkan sebuah penghubung dalam menerjemahkan hal-hal yang sulit dipahami oleh masyarakt awam menjadi sebuah tindakan sederhana yang bisa ditiru oleh masyarakat. Ingat peran mahasiswa bukan hanya menyampaikan amanat rakyat saja kepada pemerintah tetapi bagaimana menyampaikan dengan bahasa yang lebih sederhana tentang sebuah kebijakan atau suatu hal ilmiah.

Dalam upaya penyelamatan bumi ini, mahasiswa bisa memberikan contoh dan menunjukan tindakan-tindakan kritis dalam hal penghematan energi. Sebagai hal yang sederhana adalah ketika kita sebagai mahasiswa benar-benar berhemat dalam pemakaian listrik, memakai sewajarnya dan seperlunya. Sesuatu yang tampak sangat jelas adalah jumlah emisi karbon dari kendaraan yang sudah berlebihan, oleh karena itu perlihatkanlah pola hidup sehat dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Ini adalah hal-hal yang sederhana tetapi jika kita benar-benar menerapkannya maka kita bisa memperpanjang umur bumi untuk satu jam, satu hari, satu tahun atau bahkan lebih.

Mari sebagai mahasiswa kita tunjukkan kalau kita ini bukan hanya pandai berkoar-koar saja. Hentikan keluhan kalian jika AC dalam ruangan mati karena sesungguhnya di luar sana banyak rakyat yang kepanasan. Seandainya memang AC itu diperlukan maka pakailah sesuai kebutuhan dan matikan ketika tidak dipakai.  Matikan lampu saat dunia ini masih terang, serta gunkanlah air se-efisien mungkin.

Butuh perjuangan memang ketika kita akan melakukan hal tersebut karena kita sudah terlalu lama disuguhi dengan kenyamanan. Hal ini juga terlihat dari kondisi mahasiswa sekarang yang masih banyak tidak peduli dengan hal itu. Berdasar pengamatan penulis dengan sampel mahaiswa kos dan mahasiswa dengan lingkup satu jurusan baru 20-30% mahasiswa yang peduli akan hal itu. Dengan melihat realita yang ada inilah saatnya kita sebagai mahasiswa untuk menunjukkan perjuangan kita demi terselamatkannya BUMI tempat kita tingga ini.

About these ads

Tentang tian edogawa

seorang pemuda yang percaya bahwa masa depan itu seindah impian kita yang telah dipoles dengan ketentuan Allah

Diskusi

Belum ada komentar.

Silakan Berbagi Pendapat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Powered by Wordpress ~ Designed by WooThemes ~ Redesigned by danangK

Masukkan alamat email anda untuk menerima pemberitahuan update dari Sang Pengembara

free counters
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.112 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: